4 Jaminan Karakteristik Lantai Kayu

ruang-makan-dengan-lantai-kayu-parket-parquetSaat anda menginvestasikan uang anda untuk memperindah interior anda, tentu saja anda sangat berharap kalau investasi uang anda tidak sia-sia. Hal ini terutama berlaku dengan lantai kayu. Sudah jelas bahwa lantai kayu akan menambah dimensi keindahan dan kehangatan di rumah anda. Banyak konsumen tidak tahu bahwa lantai kayu memiliki beberapa karakteristik unik yang membuatnya bukan merupakan pilihan yang sempurna untuk semua orang. Artikel ini tidak dimaksudkan untuk mencegah anda membeli lantai kayu, tetapi anda perlu mempertimbangkan sedikitnya empat fakta  tentang lantai kayu sebelum melakukan pembelian:

1) Lantai kayu dijamin akan tergores

Ada berbagai finishing yang dilakukan pabrik lantai kayu untuk membuat mereka lebih tahan gores. Finishing yang paling populer akhir-akhir ini adalah Aluminium Oxide. Lantai kayu juga biasanya dilengkapi dengan garansi penggunaan antara 5 sampai 50 tahun. Walaupun ada jaminan, namun biasanya hanya menjamin bahwa veneer kayu tidak akan aus sepenuhnya. Tidak ada jaminan anti gores dalam bisnis lantai kayu. Semua lantai kayu, tidak peduli jenis finishing atau kualitas kayu, akan rentan terhadap goresan. Karena itu, pastikan anda mempersiapkan rumah anda sebelum pemasangan lantai kayu. Adalah ide yang baik untuk menggunakan pelindung furniture seperti tikar dan karpet untuk menjaga lantai kayu anda dari goresan. Juga, anda mungkin ingin mempertimbangkan memasang ubin di pintu masuk, karena itu daerah yang paling banyak dilalui. Jika ada hewan peliharaan besar atau anak-anak di rumah, anda mungkin ingin mempertimbangkan memakai lantai kayu lamina, yang jauh lebih tahan terhadap goresan.

2) Lantai kayu dijamin lengkung

Lantai kayu memang produk yang lembut, tetapi mereka mungkin rentan melengkung karena penggunaan berat atau kejatuhan benda berat. Tidak ada lantai kayu yang tahan lengkung, tetapi jenis kayu yang berbeda memiliki tingkat kekerasan yang beda pula. Janka Tes digunakan untuk mengukur tingkat kekerasan kayu. Menggunakan tes ini, jenis kayu diberi skor berdasarkan gaya yang dibutuhkan untuk menanamkan bola baja ke dalam kayu. Dikatakan bahwa semakin tinggi skor, semakin baik jenis kayu lantai untuk menahan beban dan penggunaan sehari-hari. Northern Red Oak yang memiliki skor 1290 adalah jenis kayu yang paling umum digunakan untuk lantai, ini adalah standar yang digunakan untuk mengukur berbagai jenis kayu lain. Ada jenis kayu yang mencetak lebih dari 3000 pada tes ini, walaupun mereka lebih kuat digunakan untuk penggunaan sehari-hari, mereka masih mungkin akan lengkung/penyok jika sesuatu yang berat seperti palu atau sekaleng makanan dijatuhkan pada kayu. Jika anda benar-benar peduli dengan kemampuan lantai anda untuk menahan lekukan, anda masih memiliki pilihan lain. Ada jenis lantai kayu laminasi tekanan tinggi dan produk porselen yang jauh lebih tahan terhadap tekanan dan keausan. Selain itu, tekanan tangan anda akan membantu menyembunyikan lengkung atau penyok di lantai anda.

3) Lantai Kayu Dijamin Menua

Penuaan pada sebagian besar penutup lantai biasanya berhubungan dengan bagaimana lantai kehilangan kilauannya dari waktu ke waktu karena keausan pada lantai. Jika saya harus mengatakan, “karpet anda sudah tua”, anda akan berpikir sudah waktunya untuk membeli karpet baru. Namun, salah satu yang atribut yang paling unik dari lantai kayu adalah kemampuannya untuk benar-benar terlihat memukau seiring bertambahnya usia. Lantai kayu sudah datang dengan banyak karakter alam dan keindahan. Dengan perawatan yang tepat, penggunaan normal ini justru meningkatkan karakter yang indah dari lantai kayu anda. Lantai kayu asli juga dapat refinished untuk mengembalikan kilau aslinya. Ini adalah sesuatu yang tidak dapat dilakukan pada produk mirip lantai kayu seperti lantai kayu lamina, vinil dan porselen.

Semua produk mirip lantai kayu tersebut tentu saja punya kelebihannya sendiri-sendiri, tapi yang saya benar-benar ingin tekankan pada bagian ini adalah foto-sensitivitas lantai kayu. Kayu cenderung berubah warna dari waktu ke waktu saat terkena sinar matahari. Bahkan, beberapa lantai kayu bisa memakan waktu hingga satu setengah tahun untuk tumbuh menjadi penuh warna. Penutup lantai lainnya, di sisi lain, mungkin rentan memudar atau discoloring saat terkena sinar matahari berkepanjangan. Jadi sementara sinar matahari membuat penutup lantai lain terlihat tua, sinar matahari justru memperindah lantai kayu, yang memungkinkan mereka untuk mencapai warna sejati mereka. Ini merupakan hal penting bagi konsumen untuk mengetahui, karena lantai kayu yang baru dipasang mungkin tidak selalu terlihat seperti sampel yang anda lihat di showroom, yang telah dibiarkan untuk mencapai warna penuh.

Konsumen juga harus berhati-hati ketika memindahkan karpet dan furnitur untuk menghindari perubahan warna. Kayu keras dan kayu keras eksotis dengan finishing natural pada mereka cenderung menjadi yang paling fotosensitif. Kebanyakan jenis lantai kayu solid (keras) menjadi lebih gelap dan lebih berani dari waktu ke waktu, tetapi beberapa kayu hutan seperti Santos Mahogany warnanya justru memudar ketika terpapar sinar matahari. Jika anda benar-benar khawatir tentang sinar matahari yang mempengaruhi lantai anda, beli saja lantai kayu yang telah diwarnai dengan warna gelap atau beli saja jenis kayu seperti Northern Red Oak yang merupakan jenis kayu yang kurang fotosensitif.

4) Kelembaban tentu saja akan mempengaruhi lantai kayu

Lantai kayu sangat sensitif terhadap kelembaban. Itu termasuk perubahan kelembaban permukaan, kelembaban dibawah lantai, dan juga kelembaban udara. Kerusakan dari masalah kelembaban terkait dengan mengakibatkan papan kayu retak, cekung, ataupun melengkung. Karena itu penting untuk menyewa jasa ahli instalasi yang akrab dengan kayu dan reaksi terhadap kelembaban. Perawatan yang tepat oleh konsumen adalah sama pentingnya. Genangan air harus dibersihkan segera, dan lantai kayu harus dijaga dalam lingkungan iklim yang terkontrol.

Salah satu cara untuk memerangi efek kelembaban pada lantai anda adalah untuk memilih lantai kayu lamina. Lantai kayu lamina adalah pilihan yang jauh lebih baik dari lantai kayu solid, karena konstruksinya menambah stabilitas dimensi pada papan. Lapisan kayu lapis di bawah veneer diletakkan bersilangan, mengurangi kemampuan kayu untuk memuai dan berkontraksi ketika ada perubahan tingkat kelembaban.

Leave A Comment