Manfaat, Keunggulan & Harga WPC Decking

Manfaat & Keunggulan WPC Decking

Komposit WPC adalah alternatif modern untuk kayu karena hampir bebas perawatan, tidak membutuhkan pewarnaan, tidak membusuk, bebas serpihan dan yang paling penting hadir dalam berbagai warna serta garansi yang panjang dari produsen. WPC decking (komposit kayu plastik) karena hanya terbuat dari sampah sisa-sisa produksi mebel kayu yang didaur ulangĀ  adalah pilihan yang ramah lingkungan daripada menghancurkan hutan di

harga wpc decking

harga wpc decking

masa depan. Dibutuhkan minimal 6 tahun untuk menumbuhkan pohon Pinus untuk produksi papan dek. Dek kayu tradisional yang kita kenal dengan sangat baik sayangnya membutuhkan perawatan pembersihan ganggang selama musim dingin, pewarnaan secara teratur untuk melestarikan kayu dan hanya memiliki jangka waktu 5-7 tahun tergantung pada kualitas kayu sebelum kayu mulai menunjukkan tanda-tanda keausan yang serius.

Komposit WPC dibuat dari kayu reklamasi dan produk berbasis polimer (plastik), proses pembuatan komposit WPC adalah mencampur sekitar 50% tepung kayu yang dibuat dari kayu reklamasi dengan 50% polimer pelet daur ulang, 2 komponen ini dicampur bersama pada suhu tertentu sehingga polimer melekat pada serpihan kayu sehingga membungkus mereka dalam lapisan pelindung. Setelah pendinginan, campuran komposit dapat diekstrusi dengan menggunakan panas dan tekanan tertentu untuk membentuk papan komposit (papan WPC) dan warna dapat ditambahkan.

Papan komposit WPC ditawarkan dalam warna yang tidak terbatas dan juga teknologi terbaru dalam pembuatan komposit sekarang menyediakan proses ko-ekstrusi di mana pola serat motif kayu dapat diterapkan ke papan komposit dan kemudian ditutup dengan lapisan polimer sehingga terlihat tampilan kayu yang realistis namun awet. Proses ini dengan menerapkan lapisan lagi diluarnya akan lebih meningkatkan ketahanannya terhadap air. Itulah yang menyebabkan produsen WPC decking sekarang berani memberikan garansi 25 tahun pada jenis produk ko-ekstrusi ini.

Sekalipun harga WPC decking komposit 2-3 kali harga decking kayu, namun ini semua layak mengingat umur WPC decking dapat lebih dari 20 tahun tanpa degradasi dan hampir tidak ada pemeliharaan selain pembersihan rutin. Meskipun awalnya lebih mahal, daya tahannya yang lama membuatnya murah jika kita memasukkan biaya perawatan dalam perhitungan. Selain itu WPC decking juga dapat meningkatkan nilai properti dan membuat pemilik rumah lebih mudah bila ingin menjual rumahnya. Hal ini disebabkan karena calon pembeli akan berpikir ulang, bila membeli rumah dengan decking kayu biasa, karena ia harus memperbaiki decking kayu yang sudah membusuk.

Karena lebih awet dan tahan lama, dimana WPC decking ini bukan hanya tidak mudah membusuk atau berubah warna, tapi juga tahan terhadap serangan serangga, sinar matahari ataupun air hujan. Dengan melihat hal ini, tentunya pembeli akan merasa harga wpc decking ini murah dan merupakan alternatif yang layak untuk papan dek kayu.

Harga WPC Decking

Harga wpc decking ini memang sekilas kelihatan lebih mahal daripada dek kayu pada umumnya, tapi jika memperhatikan umur pemakaian, ketahanannya terhadap cuaca ekstrem ataupun rayap. Saya rasa semua akan setuju bahwa wpc decking ini harganya sangat murah.

Berikut adalah standar harga WPC decking impor yang diambil dari lantaikayuselgrid.com

Harganya tidak dihitung per meter melainkan per unit. Dimana 1 batang wpc decking dengan ketebalan 2.5cm, lebar 14cm, dan panjang 2,4 meter harganya dari Rp 266.000 – Rp 405.000. Harganya berbeda-beda tergantung model serta bahan yang dipakai. Coba kunjungi langsung webnya untuk jelasnya

 

 

Related Posts

Leave A Comment